Dahulu Mars Memiliki Oksigen Lebih Banyak Di Banding Bumi









Ilmuwan Oxford University mengungkapkan, atmosfer Marspernah memiliki kandungan oksigen yang lebih tinggi ketimbang Bumi. Ini bisa memberi petunjuk mengenai kemungkinan Mars potensial sebagai planet yang bisa dihuni.



Ilmuwan menyimpulkan berdasarkan penelitian saat membandingkan batu yang ditemukan oleh robot Spirit milik NASA dengan meteorit Mars yang telah mendarat di Bumi. Bernard Wood dan timnya meneliti oksigen yang pernah muncul di planet merah.



Bernard mengatakan, Mars pernah memiliki jumlah oksigen signifikan. "Ini muncul bahwa batu-batu berusia empat miliar tahun berasal dari lingkungan yang lebih teroksidasi daripada meteorit mudah," ungkap Bernard.



Timnya menyimpulkan, Mars memiliki tingkat oksigen yang tinggi di bagian atmosfernya. Ilmuwan mengungkap bahwa Mars di awal waktu setelah terbentuknya memiliki suhu yang hangat dan basah. "Ini persis seperti di Florida (AS) hari ini," tuturnya.



Informasi mengenai Mars memiliki oksigen telah diungkap tahun lalu. Ilmuwan mengungkap, sekira empat miliar tahun lalu Mars memiliki oksigen yang kaya.



"Mars memiliki atmosfer yang kaya oksigen pada suatu waktu, sekira 4.000 juta tahun lalu, jauh sebelum munculnya oksigen atmosfer di Bumi sekira 2.500 juta tahun lalu. Apa yang memberi warna khas Mars, kemungkinan bahwa planet merah itu basah, hangat dan berkarat miliaran tahun sebelum atmosfer Bumi menjadi kaya akan oksigen," kata peneliti.

0 Response to "Dahulu Mars Memiliki Oksigen Lebih Banyak Di Banding Bumi"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam