Juno pecahkan rekor sebagai pesawat bertenaga surya terjauh



Juno adalah misi NASA yang terbaru ke planet Jupiter. Juno diluncurkan dari Stasiun Peluncuran di Cape Canaveral pada tanggal 5 Agustus 2011 dan akan tiba pada bulan Juli 2016. pesawat ruang angkasa ini akan ditempatkan di orbit kutub untuk mempelajari komposisi Jupiter, medan gravitasi, medan magnet, dan magnetosfer kutub. Juno juga akan mencari petunjuk tentang bagaimana planet jupiter terbentuk, termasuk apakah ia memiliki inti berbatu, jumlah air yang ada di dalam Awannya, bagaimana massanya didistribusikan, dan angin yang ada di permukaannya, yang bisa mencapai kecepatan 618 kilometer per jam (384 mph).

Juno membutuhkan lima tahun perjalanan ke Jupiter, dan akan tiba sekitar 4 Juli 2016. pesawat ruang angkasa yang akan melakukan perjalanan lebih dari 2,8 miliar kilometer (18,7 AU; 1,74 miliar mil) pesawat ruang angkasa Juno akan mengorbit Jupiter 33 kali selama satu tahun bumi.

Pesawat ruang angkasa NASA Juno yang sedang melakukan perjalanan menuju Jupiter yang direncanakan akan sampai pada bulan Juli telah memecahkan rekor sebaga pesawat ruang angkasa bertenaga surya yang paling jauh.

Juno memecahkan rekor sebelumnya dipegang oleh pesawat ruang angkasa Rosetta pada 13 Januari saat terbang sekitar 793 juta kilometer (493 juta mil) dari matahari.

Ketika memasuki orbit sekitar Jupiter pada tanggal 4 Juli, pesawat ruang angkasa Juno akan menjadi pesawat ruang angkasa bertenaga surya pertama yang mencapai jupiter, mulai 20 bulan pesawat ini akan mempelajari struktur atmosfer interior dan planet.

Juno membawa tiga panel surya besar, masing masing memiliki lebar 2,7 meter (9 kaki) dan panjang 8,8 meter (29 kaki) , untuk menghasilkan listrik.

Tak lama setelah peluncuran pada 2011, sistem tenaga surya bisa mengubah cahaya matahari menjadi 14 kilowatt energi. Ketika Juno mencapai Jupiter, yang mengorbit lima kali lebih jauh dari jarak bumi - matahari, pesawat ruang angkasa hanya dapat menghasilkan 500 watt listrik. dan itu sudah lebih dari cukup untuk mengoperasikan seluruh perangkat juno.

hampir seluruh pesawat ruang antariksa dulunya menggunakan energi nuklir, tetapi persediaan pemerintah AS akan plutonium telah jauh berkurang ketika juno dirancang, inilah yang mengakibatkan juno menggunakan energi dari tiga panel surya besar.

Panel surya Juno disusun dalam bentuk segitiga. dan memiliki luas total sekitar 635 kaki persegi.

Panel surya Juno terdiri dari 18.698 sel-sel individual, masing-masing berukuran sekitar 9,4 cm (3,7 inci) 5,7 cm (2,25) inci. Sel-sel persegi panjang yang terbuat dari silikon dan galium arsenide.

0 Response to "Juno pecahkan rekor sebagai pesawat bertenaga surya terjauh"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam