Aurora misterius di Mars terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa NASA

fenomena aurora indah dan misterius di planet mars
Pengamatan MAVEN menunjukkan bahwa aurora di Mars mirip dengan "Northern Lights" di Bumi namun memiliki asal yang berbeda.
Image credit: University of Colorado


Pesawat ruang angkasa NASA "Mars Atmosphere and Volatile Evolution" (MAVEN) mengamati apa yang para ilmuwan telah beri nama "lampu Natal." Selama lima hari sebelum 25 Desember, MAVEN melihat cahaya aurora ultraviolet terang yang mencakup belahan bumi utara Mars. Aurora yang dikenal di Bumi adalah sebagai cahaya utara atau selatan, yang disebabkan oleh partikel berenergi tinggi seperti elektron yang runtuh ke atmosfer dan menyebabkan gas menyala.

keunikan aurora di mars
Peta ini menunjukkan bahwa aurora itu tersebar luas di belahan utara mars, tidak terikat pada lokasi geografis.
Image credit: University of Colorado


"Apa mengejutkan dari aurora yang kita lihat dimars adalah bagaimana aurora ini begitu tinggi di atmosfer daripada di bumi atau di tempat lain di Mars," kata Arnaud Stiepen, anggota tim IUVS di University of Colorado.
"Elektron yang menghasilkan aurora ini harus benar-benar benergi tinggi."
Sumber dari partikel bernergi tinggi tampaknya berasal dari Matahari. instrumen Partikel MAVEN yang mendeteksi gelombang besar dalam elektron energi tinggi pada awal aurora. Miliaran tahun yang lalu, Mars kehilangan medan magnet pelindung seperti yang Bumi memiliki, sehingga partikel matahari dapat langsung menembus atmosfer. Elektron yang memproduksi aurora ini memiliki sekitar 100 kali lebih banyak energi daripada yang Anda dapatkan dari yang dibumi saat ini, sehingga mereka dapat menembus jauh di atmosfer.

0 Response to "Aurora misterius di Mars terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa NASA"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam