Mengapa gerhana terjadi?

proses terjadinya gerhana
AN grafis oleh Greg Smye-Rumsby

Gerhana matahari terjadi relatif jarang yaitu hanya saat Bulan berada segaris antara bumi dan Matahari.

Mengapa bulan dapat menutupi matahari yang ukuranya lebih besar?
Ini semua adalah suatu kebetulan orbit. Dimana Bulan mampu menutupi piringan matahari yang sekitar 400 kali lebih besar dari Bulan, hal ini dikarenakan matahari sekitar 400 kali lebih jauh dari bumi dibandingkan dengan bulan, yang berarti matahari dan bulan akan terlihat memiliki ukuran yang sama di langit kita. Itu merupakan kebetulan besar!.

Apa yang menyebabkan Matahari dan Bulan berada di posisi yang sama di langit pada waktu yang sama dan terkadang tidak?
Ini karena bulan mengorbit Bumi pada sudut yang miring ke ekliptika, sekitar lima derajat. Ini berarti bahwa pada setiap orbit sekitar Bumi (orbit lunar berlangsung 27 hari), Bulan hanya melintasi ekliptika di dua lokasi dan ini adalah satu-satunya peluang untuk gerhana, baik itu gerhana matahari atau gerhana bulan.

gerhana matahari yang indah
Sebuah gambar gerhana parsial 23 Oktober 2014 diambil menggunakan ponsel HTC di lensa mata dari 125mm refraktor disaring.
Gambar: Nick James.


Sekarang kita tahu bahwa gerhana hanya dapat terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis. Biasanya, Bulan melintasi ekliptika ketika mereka tidak berada dalam garis, jadi kita tidak melihat gerhana. Namun, pada kesempatan aneh - kira-kira sekali setiap 18 bulan rata-rata - Bulan melintasi ekliptika pada saat sejajar dengan Bumi dan Matahari Jika persimpangan ini terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, kita melihat gerhana matahari. Dua minggu kemudian Bulan bergerak ke sisi lain dari Bumi, dengan keselarasan masih sama, menyebabkan Bulan untuk masuk ke bayangan bumi. Di sini di Bumi, kita melihat gerhana bulan.

Jadi gerhana matahari dan bulan selalu datang berpasangan. Tahun ini, setelah gerhana matahari total yang dramatis pada 20 Maret, gerhana bulan total akan terjadi pada malam 4/5 April, yang akan terlihat dari belahan bumi selatan, khususnya Australia dan Selandia Baru.

0 Response to "Mengapa gerhana terjadi?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam