Hujan Meteor Perseid Akan Hiasi Langit Bumi Pada 12 - 13 Agustus

hujan meteor

Hujan meteor ini dinamakan Perseid karena radian munculnya meteor akan berada dekat Rasi Perseus. Pada puncaknya tanggal 12-13 Agustus 2013 lepas tengah malam, Rasi Perseus berada di langit timur laut.

Hujan meteor tahun ini akan terlihat dengan sangat jelas, karena langit akan exstra gelap tanpa hadirnya bulan.

Material dari hujan meteor Perseid ini berasal dari debu ekor komet Swift Tuttle yang ditemukan oleh Astronom Lewis Swift dan Horace Tuttle dari Amerika pada tahun 1862. Bumi yang berevolusi mengelilingi matahari melewati lintasan dari serpihan debu komet Swift Tuttle ini setiap tahunnya, lebih tepatnya setiap bulan Agustus.

Komet tersebut memiliki periode orbit 130 tahun, terakhir kali komet mendekati Bumi pada tahun 1992 dan diperkirakan akan kembali tahun 2126.Saat Bumi melintasi serpihan bebatuan dari ekor komet Swift Tuttle, bebatuan tersebut mau tak mau tertarik oleh gravitasi bumi, menuju bumi, dan terbakar oleh lapisan atmosfer yang menyebabkan terlihat seperti bintang jatuh di langit malam.
Bebatuan meteor terbakar lebih dulu di atmosfer sehingga saat jatuh ke bumi hanya berupa butiran pasir yang sama sekali tak berbahaya.

0 Response to "Hujan Meteor Perseid Akan Hiasi Langit Bumi Pada 12 - 13 Agustus"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam