Walau Dekat Matahari Suhu Atmosfer Venus Minus 169 Derajat Celcius


Wahana antariksa Eropa yang mengorbit planet venus,Venus Express, menemukan hal mengejutkan di atmosfer planet tersebut yaitu adanya lapisan atmosfer yang sangat dingin dengan suhu minus 169 derajat Celcius. Lapisan atmosfer tersebut berada sekitar 75 mil (120 km) di atas permukaan Venus.
Dulu astronom mengira bahwa lapisan atmosfer Venus sangat panas. Namun ini fakta baru sekaligus aneh yang ditemukan. Atmosfer yang terdiri dari karbon dioksida tersebut dapat berubah menjadi beku seperti es atau salju, ungkap ilmuwan.
Meskipun Venus lebih dekat dengan Matahari jika dibandingkan dengan Bumi, banyak lapisan atmosfer di Venus yang lebih dingn daripada atmosfer Bumi. Lapisan atmosfer dingin tersebut ada di sepanjangplanet's terminator(garis pemisah antara sisi siang dan sisi malam dari planet Venus).
"Kondisi temperatur di siang dan malam hari di ketinggian 120 km sangat berbeda sekali, sehingga diplanet's terminatorkita bisa berada dalam kondisi transisi diantara panas dan dingin," ungkap Arnaud Mahieux dariBelgian Instituteselaku penulis penelitian ini. "Temuan ini sangat baru, dan kita masih perlu meneliti dan memahami apa dampak yang ditimbulkannya," ucap Hakan Svedhem ilmuwan dariESA's Venus Express project. "Tapi itu istimewa sebab kita tidak akan melihat hal yang sama terjadi pada atmosfer Bumi atau Mars yang memiliki komposisi kimia dan kondisi suhu yang berbeda," tambahnya.sumber:www.astronomi.us

0 Response to "Walau Dekat Matahari Suhu Atmosfer Venus Minus 169 Derajat Celcius"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam