Bagaimana Cara Menjadikan Mars Layak Huni?

mars

Bayangkan suatu hari nanti saat matahari semakin tua dan mulai berevolusi menjadi raksasa merah, bumi tidak akan layak huni lagi, lautan dibumi akan menguap habis dan bumi akan menjadi gurun raksasa yang sangat panas.

Saat hal tersebut terjadi, mars adalah planet dengan suhu yang tepat untuk kehidupan. Namun sayangnya mars tidak punya cukup atmosfer.

Jutaan tahun yang lalu, mars pernah memiliki atmosfer yang tebal. Namun, setelah inti mars membeku, mars kehilangan medan magnet yang melindungi atmosfernya, sehingga secara berlahan atmosfer mars terkikis oleh angin surya.

Dengan demikian mars tetap belum layak huni.

Lalu, bagai mana cara mengubah mars menjadi seperti Bumi?

Kuncinya adalah Terraforming. Lalu, apakah yang dimaksud dengan Terraforming?
Terraforming adalah proses bersifat hipotesis yang mengubah atmosfer, temperatur, topografi permukaan atau ekologi suatu planet, bulan, atau struktur lainnya menjadi mirip dengan Bumi sehingga dapat dihuni oleh manusia.

Untuk melakukan terraforming pada mars, Berikut hal yang harus kita lakukan.

Menambahkan lautan di Mars

Mars

Di kutub selatan Mars masih terdapat air dalam keadaan membeku. Apabila simpanan es tersebut dicairkan, maka air akan kembali mengisi lautan Mars. Caranya dengan menggunakan satelit yang dibekali cermin yang terbuat dari bahan kaca PET beraluminium. Cermin tersebut dapat diletakkan di orbit Mars dan seperti kaca pembesar yang dapat mengarahkan cahaya matahari untuk mencairkan es yang ada di kutub. Namun langkah itu tak mudah, sebab diameter cermin yang diperlukan sekitar 125 km.

Mempertebal Atmosfer dan Menaikkan Suhu Mars

Setelah masalah air beres, langkah selanjutnya adalah mempertebal atmosfer dan meningkatkan suhu Mars. Mars sangatlah dingin sebagai akibat atmosfer tipisnya. Suhu terpanas Mars tercatat hanya 22 derajat celcius, dan saat malam bisa turun drastis hingga minus 73 derajat celcius. Untuk meningkatkan suhu Mars dibutuhkan gas rumah kaca. Berbeda dengan di Bumi, pemanasan global justru merupakan hal yang menguntungkan di Mars.

Beruntung Mars memiliki cadangan CO2 beku di kutubnya sehingga apabila dicairkan, dapat mengisi atmosfer dengan gas rumah kaca. Tak hanya memanaskan planet. CO2 di atmosfer Mars juga dapat menaikkan tekanan udara planet tersebut. Tekanan udara alami Mars sangatlah rendah, yakni hanya mencapai 0,6 kilopascal, padahal manusia di Bumi terbiasa hidup dalam tekanan 101,3 kilopascal. Apabila dicairkan semua, CO2 di kutub dapat menaikkan tekanan hingga 30 kilopascal. Selanjutnya, tekanan udara dapat dinaikkan dengan bantuan gas2 seperti metana.
Gas rumah kaca lain yang bisa meningkatkan suhu Mars adalah amonia dan metana. Penggunaan amonia memiliki keuntungan lain, yakni mampu menghasilkan gas nitrogen yang penting untuk meniru komposisi atmosfer Bumi (mayoritas gas dalam atmosfer Bumi adalah nitrogen). Amonia dan metana dapat diperoleh dari planet lain dan satelit2nya, semisal dari Titan, satelit Saturnus. Cara “mudah” untuk memasukkan metana ke atmosfer jika kita malas mentransportnya dari planet lain dengan jarak jutaan kilometer adalah dengan menabrakkan asteroid atau komet yang kaya akan amonia ke Mars.

2 Responses to ""

  1. Wah, kalau mars bisa layak huni tentu penduduk Bumi bisa pindah kesana ya. Tambah lagi deh pengetahuannya.

    BalasHapus
  2. http://www.astronomi.id - Forum Astronomi Indonesia

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam