Suar di Lubang hitam Markarian 335

blackhole flare
Diagram ini menunjukkan bagaimana fitur pergeseran, yang disebut korona, dapat membuat suar sinar-X di sekitar lubang hitam. Korona (diwakili fitur berwarna keunguan) mengumpul ke dalam (kiri), menjadi lebih cerah, sebelum menembak jauh dari lubang hitam (tengah dan kanan). Para astronom tidak tahu mengapa korona bergeser, tetapi mereka telah belajar bahwa proses ini mengarah ke terangnya cahaya X-ray yang dapat diamati oleh teleskop. Gambar kredit: NASA / JPL-Caltech.

Perilaku membingungkan dan aneh lubang hitam telah terpecahkan, dengan pengamatan baru dari misi NASA Explorer Swift dan Array Nuklir spektroskopi Telescope, atau NuSTAR. Kedua teleskop ruang menangkap lubang hitam supermasif yang mengeluarkan letusan raksasa cahaya X-ray, membantu para astronom mengatasi teka-teki yang sedang berlangsung: Bagaimana lubang hitam supermasif memiliki suar?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lubang hitam supermasif mengirimkan berkas sinar-X saat korona sekitarnya - sumber partikel yang sangat energik - menembak jauh dari lubang hitam.

0 Response to "Suar di Lubang hitam Markarian 335"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam