Hujan besi cair di planet Alien

planet

Ditemukan pada tahun 2013, PSO J318.5-22 adalah obyek ekstrasurya berjarak 75 tahun cahaya yang tidak memiliki bintang tuan rumah. Ini adalah kesan artis. Gambar kredit: MPIA / V.Ch.Quetz.

Pola cuaca di dunia misterius di luar tata surya kita telah terungkap untuk pertama kalinya.

Lapisan awan, yang terdiri dari debu panas dan tetesan besi cair, telah terdeteksi pada objek seperti planet yang ditemukan 75 tahun cahaya dari Bumi, kata para peneliti.

Temuan dari studi ini bisa meningkatkan kemampuan para ilmuwan untuk mengetahui apakah kondisi di planet jauh mampu mendukung kehidupan.

Sebuah tim yang dipimpin oleh University of Edinburgh menggunakan teleskop di Chile untuk mempelajari sistem cuaca di dunia yang jauh - dikenal sebagai PSO J318.5-22 - yang diperkirakan berumur sekitar 20 juta tahun.

Peneliti menangkap ratusan gambar infra-merah dari objek dalam waktu selama 5 jam. Dengan membandingkan kecerahan PSO J318.5-22 dengan objek lainya, tim menemukan bahwa objek ini memiliki beberapa lapisan awan tebal.

Objek ini berukuran sekitar ukuran Jupiter - planet terbesar di tata surya kita - tetapi kira-kira delapan kali lebih besar. Suhu di dalam awan di PSO J318.5-22 melebihi 800 ° C, kata peneliti.

Tim mampu secara akurat mengukur perubahan kecerahan pada PSO J318.5-22 karena tidak mengorbit bintang. Bintang seperti matahari kita memancarkan sejumlah besar cahaya, yang dapat mempersulit pengukuran yang dilakukan dari kecerahan objek yang mengorbit mereka.a

0 Response to "Hujan besi cair di planet Alien"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam