Robot Penjelajah Mars, Opportunity Dikabarkan Mengalami Kerusakan Memori

Robot Opportunity yang sudah 10 tahun berada di Mars dikabarkan mengalami kerusakan / error pada memorinya pada 25 April 2014 sehingga tim JPL harus mengentikan dulu aktivitas robot penjelajah Mars tersebut untuk sementara waktu sembari menunggu instruksi lebih lanjut dari Bumi. Opportunity secara otomatis me-resetdirinya sendiri saat terjadi kesalahan "penulisan" pada memorinya. Diketahui hal itu sudah pernah terjadi sebelumnya sebanyak tiga kali dan ilmuwan JPL belum mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan masalah seperti itu bisa terjadi.
Pada hari ke 3648 waktu Mars atau 29 April 2014, tim JPL sudah mengirimkan serangkaian perintah pada Opportunity untuk melakukan mengatasi kerusakan memori tersebut. Harapannya semuanya bisa berjalan normal kembali.



Aktivitas terakhir Opportunity dilakukan pada 30 April lalu dengan melakukan perjalanan sejauh 70 meter di sebelah barat kawah Endeavour tepatnya untuk mengeksplorasi daerah di sebelah selatan Solander Point.
Karena sudah 10 tahun di Mars, panel surya Opportunity menjadi sedikit tertutup debu, maka daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi tidak maksimal. Saat ini panel surya hanya menghasilkan listrik sebesar 624 watt-jam dan jika tidak ada debu maka tentunya bisa lebih besar lagi.



Odometer Opportunity mencatat bahwa robot ini sudah melakukan perjalanan di Mars sejauh 39,22 km.

0 Response to "Robot Penjelajah Mars, Opportunity Dikabarkan Mengalami Kerusakan Memori"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam