Teleskop Hubble : Panorama Galaksi Andromeda

foto andromeda dari hubble teleskop
Hubble Space Telescope M31 Pankromatik Hubble Andromeda Treasury (PHAT) gambar mosaik ditunjukkan dalam konteks dengan gambar berbasis darat galaksi M31.Latar belakang gambar, yang diambil oleh Robert Gendler, dibuat oleh compositing Data M31 dari 12,5 inci Ritchey Chretien-teleskop dengan data M31 dari Digitised Sky Survey.Klik gambar untuk versi resolusi tinggi cocok untuk pencetakan.Image credit: NASA, ESA, dan Z. Levay (STScI / AURA)

NASA : Ini adalah gambar terbesar yang pernah di rakit oleh Teleskop ruang angkasa Hubble, ini pemandangan luas menyapu sebagian dari Galaksi Andromeda (M31) dengan tajam dan merupakan gambar komposit terbesar yang pernah diambil dari galaksi tetangga sebelah kami. Meskipun galaksi adalah lebih dari 2 juta tahun cahaya, teleskop Hubble cukup kuat untuk mengatasi individu bintang di hamparan 61.000-tahun cahaya panjang disc pancake berbentuk galaksi. Ini seperti memotret pantai dan menyusun butir butir pasirnya. Dan, ada banyak bintang dalam pandangan ini - lebih dari 100 juta, dengan beberapa dari mereka dalam ribuan gugus bintang terlihat tertanam dalam disk.

gugus bintang andromeda
Dalam ekstrak ini rinci dari Hubble Space Telescope M31 PHAT mosaik gambar, beberapa jenis objek diberi label, termasuk jalur debu, cluster bintang, Bima Sakti bintang, dan wilayah pembentukan bintang.Gambar ini adalah bagian kecil dari mosaik penuh yang mencakup hampir ultraviolet, tampak, dan dekat-inframerah pengamatan diperoleh dengan Wide Field Camera 3. Klik gambar untuk versi resolusi tinggi cocok untuk pencetakan.Kredit Ilustrasi: NASA, ESA, dan Z. Levay (STScI / AURA)

Ini kartografi fotografi ambisius Galaksi Andromeda yang merupakan patokan baru untuk studi presisi galaksi spiral besar yang mendominasi populasi alam semesta lebih dari 100 miliar galaksi. Tidak pernah sebelumnya astronom bisa melihat bintang individu di dalam sebuah galaksi spiral eksternal lebih seperti daerah perbatasan besar. Sebagian besar bintang di alam semesta hidup di dalam kota bintang yang megah seperti itu, dan ini adalah data pertama yang mengungkapkan populasi bintang di galaksi mereka.

pemandangan indah galaksi andromeda
Sebuah kompas dan skala gambar mosaik Program phat.Klik gambar untuk versi resolusi tinggi.Image credit: NASA, ESA, dan Z. Levay (STScI / AURA)

Hubble : jejak padat bintang yang membentang dari pusat terdalam galaksi, terlihat di sebelah kiri. Pindah dari ini tonjolan galaksi pusat, panorama menyapu dari tonjolan pusat galaksi di jalur bintang dan debu ke disk luar sparser. Kelompok besar bintang muda biru menunjukkan lokasi dari gugus bintang dan daerah pembentuk bintang. Bintang-bintang banyak di fitur seperti cincin biru ke arah sisi kanan gambar. Siluet gelap menelusuri struktur debu yang kompleks.Mendasari seluruh galaksi adalah kelancaran distribusi bintang merah dingin yang melacak evolusi Andromeda selama miliaran tahun.

Karena galaksi hanya 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi, itu adalah target yang jauh lebih besar di langit daripada foto galaksi yang sering diambil teleskop Hubble secara rutin yang jaraknya miliaran tahun cahaya. Ini berarti bahwa survei Hubble dirakit bersama-sama menjadi gambar mosaik menggunakan 7.398 eksposur diambil alih 411 pointings individu.

Baca juga : keberadaan energi gelap di jelaskan oleh relativitas dilantasi waktu

0 Response to "Teleskop Hubble : Panorama Galaksi Andromeda"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam