Galaksi pelarian : Galaksi tercepat dan terunik

galaksi pelarian unik


Animasi diatas menunjukan galaksi pelarian merusak orbit sebuah galaksi satelit





Sebuah objek angkasa dikatakan objek pelarian jika objek itu bergerak lebih cepat dari kecepatan lepas gravitasi, yang berarti akan terlempar dan tidak akan pernah kembali. Dalam kasus bintang pelarian, kecepatan yang lebih dari satu juta mil per jam (500 kilometer / detik). Namun, sebuah galaksi pelarian harus lebih cepat, kecepatanya mencapai dengan 6 juta mil per jam (3.000 kilometer / detik).




Chilingarian dan co-author-nya, Ivan Zolotukhin (L'Institut de Recherche en Astrophysique et Planetologie / Moscow State University), awalnya ditetapkan untuk mengidentifikasi anggota baru kelas galaksi yang disebut ellipticals kompak. Ellipticals compact merupakan gumpalan kecil dari bintang yang lebih besar dari gugus bintang tetapi lebih kecil dari galaksi yang khas, yang mencakup hanya beberapa ratus tahun cahaya. Sebagai perbandingan, Bima Sakti adalah 100.000 tahun cahaya. Ellipticals kompak juga memiliki berat 1.000 kali lebih kecil dari galaksi seperti Bima Sakti kita.




Sebelum penelitian ini, hanya sekitar 30 galaksi elips kompak diketahui, semua dari mereka yang berada di kluster galaksi. Untuk menemukan contoh baru Chilingarian dan Zolotukhin diurutkan melalui arsip publik data dari Sloan Digital Sky Survey dan satelit GALEX.




Pencarian mereka diidentifikasi hampir 200 ellipticals kompak yang sebelumnya tidak diketahui. 11 diantaranya benar-benar terisolasi dan ditemukan jauh dari galaksi besar atau gugus galaksi.




"Ellipticals kompak pertama semua ditemukan dalam kelompok karena di situlah orang mencari. Kami memperluas pencarian kami, dan menemukan sesuatu yang tak terduga, "kata Zolotukhin.




Galaksi kompak terisolasi yang tak terduga karena teoristis pikir mereka berasal dari galaksi yang lebih besar yang telah dilucuti dari sebagian besar bintang mereka melalui interaksi dengan galaksi yang lebih besar. Jadi, galaksi kompak semua harus ditemukan di dekat galaksi besar.
Tidak hanya itu ellipticals kompak baru ditemukan terisolasi, tetapi juga mereka bergerak lebih cepat dari saudara-saudara mereka dalam kelompok.

2 Responses to ""

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam