Waw ternyata Mars memiliki gletser

Glester di mars
BIRU : Lokasi glester diMars. Gambar kredit: Mars Digital Image Model, NASA / Nanna Karlsson

Mars tidak hanya memiliki es di kutub, namun Mars juga memiliki sabuk gletser di lintang pusat belahan selatan dan utaranya. Lapisan debu tebal menutupi gletser, sehingga mereka tampak sebagai permukaan tanah, tetapi pandangan radar menunjukkan bahwa di balik debu terdapat gletser terdiri dari air beku. Studi baru telah menghitung ukuran gletser dan dengan demikian diketahui bahwa jumlah air di gletser Mars akan setara dengan seluruh Mars ditutupi oleh lebih dari satu meter air. Hasilnya diterbitkan dalam jurnal ilmiah Geophysical Research Letters.

Beberapa satelit mengorbit Mars dan dengan gambar satelit para peneliti telah mampu mengamati bentuk gletser di bawah permukaan tanah. Untuk waktu yang lama para ilmuwan tidak tahu apakah es itu terbuat dari air beku (H2O) atau karbon dioksida (CO2)atau apakah itu lumpur. Menggunakan pengukuran radar dari satelit NASA, Mars Reconnaissance Orbiter, peneliti telah mampu menentukan bahwa itu adalah air es. Tapi seberapa tebal es dan apakah gletser di Mars menyerupai gletser di Bumi? Sekelompok peneliti di Institut Niels Bohr sekarang telah menghitung ini menggunakan pengamatan radar dikombinasikan dengan pemodelan aliran es.

Data Dikombinasikan dengan Modelling
"Kami telah melihat pengukuran radar mencakup sepuluh tahun dan sekarang adalah waktunya untuk melihat seberapa tebal es dan bagaimana berperilaku glester. Gletser adalah masa es mengalir karna tekanan dan gravitasi. Kami kemudian membandingkan dengan bagaimana gletser di Bumi berperilaku dan dengan itu kami telah mampu membuat model untuk aliran es, "jelas Nanna Bjørnholt Karlsson, Postdoc di Niels Bohr Institute di University of Copenhagen .

data glester mars
Gambar kredit: Sharad, NASA / Karlsson et al.

Nanna Bjørnholt Karlsson menjelaskan bahwa studi sebelumnya telah mengidentifikasi ribuan formasi gletser seperti di planet ini. Gletser terletak di sabuk di sekitar Mars antara lintang 30 ° dan 50 °. Gletser yang ditemukan pada kedua belahan utara dan selatan.

Dari beberapa lokasi di Mars mereka memiliki data-resolusi tinggi baik rinci, sementara mereka hanya memiliki data yang lebih jarang dari daerah lain. Tapi dengan melengkapi data yang jarang dengan informasi tentang aliran dan bentuk gletser dari daerah yang sangat baik dipelajari, mereka telah mampu menghitung seberapa tebal dan tebal es di seberang sabuk gletser.

"Kami telah menghitung bahwa es di gletser setara dengan lebih dari 150 miliar meter kubik es - yang banyak es bisa menutupi seluruh permukaan Mars dengan 1,1 meter dari es. Oleh karena itu es di pertengahan garis lintang adalah bagian penting dari waduk air Mars, "jelas Nanna Bjørnholt Karlsson.

Es belum menguap keluar ke angkasa karena lapisan debu tebal melindungi es. Tekanan atmosfer di Mars begitu rendah sehingga air es hanya menguap dan menjadi uap air.Namun gletser terlindung dengan baik di bawah lapisan tebal debu.

0 Response to "Waw ternyata Mars memiliki gletser"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam