Uap Air Yang Keluar Dari Ceres Terdeteksi Teleskop Herschel


Teleskop Herschel memberikan penemuan yang berharga bagi para astronom. Teleskop Herschel berhasil mendeteksi uap air di Ceres, sebuah planet kerdil yang berada di sabuk asteroid di belakang Pluto. Ukuran Ceres lebih besar dari asteroid dan lebih kecil dari planet sehingga disebut dengan planet kerdil.
"Ini adalah pertama kalinya uap air terdeteksi di Ceres maupun di sabuk asteroid secara umum dan sekaligus membuktikan bahwa Ceres memiliki permukaan berupa lapisan es," ungkap Michael Kuppers dari ESA(European Space Agency).
Para ilmuwan percaya bahwa lapisan es tebal di bagian dalam Ceres jika mencair maka jumlahnya akan melebihi umlah air tawar yang ada di Bumi kita ini. Ketika Orbit Ceres berada lebih dekat dengan Matahari, maka suasana di planet kerdil itu menjadi lebih hangat menyebabkan uap air muncul dan terdeteksi oleh teleskop Herschel.
Wahana NASA, Dawn yang memang ditugaskan untuk mengeksplorasi daerah di sabuk Kuiper termasuk Ceres diperkirakan akan sampai pada pertengahan 2015 mendatang dan ilmuwan akan mendapatkan data lebih lengkap tentang bagaimana kakteristik obyek yang ada di sabuk Kuiper.

0 Response to "Uap Air Yang Keluar Dari Ceres Terdeteksi Teleskop Herschel"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam