Bagaimana cara kerja Roket ?

cara kerja roket

Roket adalah sebutan bagi segala benda yang bergerak akibat dorongan dari fluida yang keluar dari mesinya.

Bagaimana Cara Roket Bekerja?

Roket bekerja dengan cara membakar bahan bakar di mesinya, lalu kemudian mengeluarkanya sebagai gas panas kesatu arah sehingga dapat memberikan gaya dorong kearah yang berlawanan.

Berbeda dengan mesin jet yang hanya dapat bekerja di udara, roket dapat bekerja di ruang angkasa karena roket telah membawa zat yang diperlukan dalam pembakaran, yaitu Bahan bakar dan Oksigen.

Jenis Roket

Berdasarkan bahan bakarnya Roket dibedakan menjadi 2, yaitu : Roket berbahan bakar cair dan roket berbahan bakar padat. Jika anda memperhatikan, pesawat ulang alik memiliki 2 pendorong. Roket pendorong berwarna putih adalah roket berbahan bakar padat. Sedangkan roket pendorong berwarna oranye adalah roket berbahan bakar cair.

Cara kerja roket di ruang angkasa

Hukum ketiga Newton mengatakan bahwa untuk setiap tindakan, maka akan menimbulkan reaksi yang sama namun berlawanan. Hukum ini disebut hukum aksi reaksi. Dan hukum inilah yang menjadi dasar gerakan roket di ruang angkasa. Diruang angkasa tidak ada udara yng dapat di gunakan untuk menggerakan roket, sehingga hukum inilah yang berlaku.

Kekuatan besar (aksi) yang dihasilkan oleh gas panas yang menembak ke belakang dari mesin roket menghasilkan gaya yang sama(reaksi) yang mendorong roket ke depan melalui ruang angkasa.

0 Response to "Bagaimana cara kerja Roket ?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam