Fitur misterius di Danau Titan

titan

Titan adalah satu-satunya anggota Tata Surya selain Bumi yang diketahui memiliki danau dan lautan cair. Tapi pada suhu permukaan Titan yang dingin (180 derajat Celsius) laut di Titan bukanlah air melainkan metana dan etana cair.

Pesawat Ruang Angkasa Cassini telah mengidentifikasi bentuk laut dengan fitur yang khas di dekat kutub Titan. Fitur yang tampak seperti danau yang dikelilingi oleh sungai dan lubang bergaram.

Danau disana umumnya tidak terkait dengan sungai, dan diperkirakan danau terisi oleh hujan metana dan cairan dari bawah tanah. Beberapa danau tiba tiba penuh lalu kemudian mengering dalam siklus selama 30 tahun. Tapi penyebab dari siklus misterius ini masih belum dipahami.

Untuk mengetahui penyebab dari fitur lubang di titan, para iluman meneliti keadaan serupa di Bumi. Dan mereka menemukan bahwa danau Titan mengingatkan tentang apa yang dikenal sebagai bentang alam karst di Bumi. Ini adalah lanskap terestrial yang dihasilkan oleh erosi batuan larut, seperti batu kapur dan gipsum, yang dilarutkan oleh hujan dan kemudian meresap kedalam tanah. Seiring berjalannya waktu, proses ini akan membentuk fitur seperti lubang gua di iklim lembab, dan garam pada iklim kering.

0 Response to "Fitur misterius di Danau Titan"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam