Ditemukan Lapisan Stratosfer di Exoplanet

Atmosfer exoplanet terdeteksi
Para astronom telah mendeteksi stratosfer di sebuah planet ekstrasurya yang bernama WASP-33b.
Para peneliti menganalisis data dari pengamatan Hubble Wide Field Camera 3 yang dapat menangkap spektrum inframerah dan akhirnya air ditemukan diplanet tersebut. Para ilmuwan dapat menggunakan spektrum cahaya untuk mengidentifikasi air dan gas lainnya di atmosfer sebuah planet dan juga menentukan suhu planet.
Para peneliti menggunakan data dari pengamatan Hubble, dan data dari penelitian sebelumnya, untuk mengukur emisi dari air dan membandingkannya dengan emisi dari gas di atmosfer. Tim menetapkan bahwa emisi dari air diproduksi di stratosfer di sekitar suhu 6.000 derajat Fahrenheit. Sisa emisi berasal dari gas yang bersuhu lebih rendah di atmosfer, yaitu pada suhu sekitar 3.000 derajat Fahrenheit.
Peneliti juga menemukan bukti bahwa WASP-33b mengandung titanium oksida, salah satu dari beberapa senyawa yang dapat menyerap radiasi ultraviolet.
"Memahami hubungan antara stratosfer dan komposisi kimia sangat penting untuk mempelajari proses atmosfer dalam exoplanets," kata co-penulis Nikku Madhusudhan dari University of Cambridge, Inggris.

0 Response to "Ditemukan Lapisan Stratosfer di Exoplanet"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam