Big Bang : Ledakan terbesar sepanjang masa

ledakan terbesar sepanjang masa

Para ilmuan berpikir bahwa alam semesta bermula sekitar 15 miliar tahun yang lalu dari sebuah Ledakan yang sangat besar ( Big bang ). Diyakini bahwa pada masa lalu hanya ada sebuah bola panas yang sangat kecil tetapi mengandung semua unsur alam semesta yang kemudian menjadi alam semesta dengan ledakan akbar, terpisah menjadi gaya gaya dasar seperti listrik dan gravitasi. Begitu besarnya ledakan sehingga semuanya masih meluncur dengan cepat sampai saat ini.

Tahapan terbentuknya alam semesta

1. Pada mulanya alam semesta secara keseluruhan merupakan sebuah bola panas yang lebih kecil dari atom dan lebih panas dari pada apapun. Bola ini mengembang jauh lebih cepat dari cahaya, membesar seukuran galaksi hanya dalam sepersekian detik.

2. Pada saat mengembang, alam semesta mulai mendingin dan terbentuklah energi dan sub sub atom.

3. Setelah 3 menit, gravitasi menarik partikel menjadi hidrogen dan helium.

4. Bersama dengan berjalanya waktu, terbentuk lah alam semesta yang dipenuhi galaksi dan bintang bintang.

Bagaimana kita tahu?

Para astronom mengamati setiap galaksi di alam semesta, mereka menemukan bahwa hampir setiap galaksi bergerak menjauhi bumi. Jika memang demikian, pastilah alam semesta sedang mengembang. Bila alam semesta mengembang, pastilah ada masa satat alam semesta masih sangat kecil. Teori ini dikenal sebagai teori big bang.

0 Response to "Big Bang : Ledakan terbesar sepanjang masa"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam