Hari akan lebih lama dari 24 jam pada 30 juni 2015

Waktu yang melambat

"Hari resmi akan sedikit lebih lama dari biasanya pada Selasa 30 Juni, 2015, karena Rotasi bumi secara bertahap melambat sedikit, sehingga melompat satu detik adalah cara untuk menjelaskan itu," kata Daniel MacMillan dari NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland.

Sebenarnya, hari berlangsung 86.400 detik. Ini sesuai dengan standar waktu yang digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari mereka - Coordinated Universal Time, atau UTC. UTC adalah "waktu yang didasarkan pada getaran atom". Jam atom ini cesium sangatlah akurat untuk satu detik dalam 1.400.000 tahun.

Namun, jam matahari , didasarkan pada berapa lama waktu yang dibutuhkan Bumi untuk memutar - adalah sekitar 86.400 detik. Itu karena rotasi bumi secara bertahap melambat sedikit, karena jenis gaya pengereman yang disebabkan oleh tarikan gravitasi perang antara Bumi, Bulan dan Matahari Para ilmuwan memperkirakan bahwa hari matahari rata-rata belum 86.400 detik pada tahun 1820.

Perbedaan dari 2 milidetik, atau dua kalir seperseribu detik yang jauh lebih sedikit daripada kejapan mata. Tapi jika perbedaan kecil ini diulang setiap hari selama satu tahun penuh, itu akan menambahkan waktu hingga hampir satu detik.

Karna rotasi Bumi semakin melambat. Maka, untuk menyesuaikan waktu dengan kecepatan rotasi bumi. Waktu bumi akan ditambah 1 detik. Jadi pada tanggal 30 Juni pada waktu UTC, setelah pukul 23:59:59 bukan 0:00:00, tapi 23:59:60. 1 detik kemudian UTC menunjukan 1 Juli 0:00:00.

2 Responses to ""

  1. Boleh nih infonya disubmit di situs kami gan

    BalasHapus
  2. @Noval Bintang,
    oke gan, akan saya submit, sekalian saya bookmark situs agan.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam