Layaknya Mars, Pluto ternyata juga berwarna merah

pluto, sang merah di angkasa
ID ASTRONOMI ~ Selama ini kita mengenal planet mars dengan julukan planet merah. Namun, tahukah anda bahwa planet mars bukanlah satu satunya objek di tata surya yang berwarna merah. Pluto sang kerdil yang mengorbit di kejauhan ternyata juga berwarna merah. Instrumen Ralph pada New Horizons menunjukan bahwa Pluto juga memiliki warna coklat kemerahan.
Jika besi dioksida menyebabkan suasana merah di planet mars, Di Pluto, warna kemerahan bukan disebabkan oleh besi karat yang menjadi penyebab warna kemerahan Mars.
Diketahui bahwa Pluto mempunyai atmosfer namun sangat tipis, hanya 100.000 hingga 1 juta kali lebih tipis daripada atmosfer Bumi. Atmosfer inilah yang menyebabkan warna kemerahan di Pluto. Ya, kandungan Metana diatmosferlah yang menjadi penyebab warna kemerahan di permukaan Pluto.
Warna merah di Pluto tercipta karna adanya zat kimia Tholin yang berada dipermukaan plutog. Zat ini terbentuk saat sinar ultraviolet dari matahari menabrak molekul metana, terjadilah reaksi-reaksi kimia yang menghasilkan zat kimia yang bernama tholin. Tholin berwarna kemearahan dan cenderung jatuh ke permukaan. Tholin terus menumpuk di seluruh permukaan hingga menghasilkan permukaan Pluto yang berwarna coklat kemerahan. Sinar UV matahari bukan satu-satunya yang menyebabkan terbentuknya tholin. Sinar kosmik yang berasal dari luar angkasa bisa menghasilkan tholin hampir sebanyak tholin yang dihasilkan sinar matahari. Ini berarti pemerahan Pluto bisa terjadi di malam hari atau di tempat dimana matahari tidak pernah terlihat di langit.
Untuk mengetahui lebih jelas tentang warna merah Pluto, New Horizons akan meneliti Pluto pada 14 Juli.

0 Response to "Layaknya Mars, Pluto ternyata juga berwarna merah"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam