Inilah Teori asal usul air di bumi

asal usul air di bumi

Bumi adalah planet yang unik, bumi adalah satu satunya tempat di tata surya yang memiliki air cair di permukaanya. Yang kita ketahui saat ini adalah bahwa bumi adalah sebuah planet yang basah, yang tiga per empat dari permukaanya tertutup oleh air. Akan tetapi, bumi tidak serta merta memiliki air dipermukaanya saat bumi baru terbentuk.

Ada 2 teori yang menjelaskan tentang asal usul air di bumi. Diantaranya,

1.) Air berasal dari komet es yang menghantam bumi.

Teori ini menyatakan bahwa komet es adalah sumber dari lautan di bumi. Dalam teori ini dulunya bumi adalah planet yang gersang tanpa air sedikitpun. Lalu, sebuah komet es jatuh kebumi dan mulai mencair menjadi lautan di bumi. Hal ini terus berlangsung sampai bumi di penuhi air seperti saat ini.

2.) Air berasal dari bumi itu sendiri.

Teori ini menyatakan bahwa bumi memiliki kandungan air di interiornya sendiri. Kandungan air di bumi terpendam di bawah kerak bumi dalam bentuk uap air. Kemudian uap air keluar dari dalam bumi bersamaan dengan letusang gunung berapi di bumi. Uap air membentuk awan dan kemudian turun sebagai hujan yang membentuk lautan di bumi.

Walau demikian, teori tetaplah teori yang masih belum terbukti kebenaranya. Tetapi, teori ini sangat dibutuhkan untuk menjelaskan kenapa bumi memiliki air dan dari mana asal usul air di bumi.

0 Response to "Inilah Teori asal usul air di bumi"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam