Ahirnya Terpecahkan Misteri Batu Aneh DiPlanet Mars

Para ilmuwantelah memecahkanmisteri batu "jelly doughnut" di Mars.
NASA Rover Opportunity melihat sebuah batu aneh di Marsyang tampakseperti donatpada tanggal 8 Januari.Empathari sebelumnya,batuitu tidak adadi tempat itu.Jadi bagaimanabatuitu muncul?Dilempar olehAlien?Atau dampakmeteoritterdekat?
Yang sebenarnya tidak terlalu mengejutkan.Para ilmuwanyangbekerja sama denganrobotpemberaniitu baru sajamengkonfirmasi bahwabatu(yang disebutPinnacleIsland)itu hanyaditendangoleh salah saturodaOpportunity saat ia membuat jalan dipermukaan planet Mars.
"Ketikakami pindahkanOpportunity padajarak yang cukup dekat,setelah memeriksaPinnacleIsland,kita bisa melihatsecara langsungsebuahbatuterbalikyang sama yang memilikipenampilan yang tidak biasa,"kata wakilpenyidik​​OpportunityRayArvidson,dariWashingtonUniversity di StLouis,mengatakan dalam sebuah pernyataan."Kami melajudi atasnya.Kita bisa melihattrek.DisitulahPinnacleIslandberasal."
Batu itumenimbulkansebuah masalah yang kontroversi di masyarakat bahkan sampai mengajukan gugatan terhadap NASA,yang mengatakan bahwaNASAgagalmenyelidikikemungkinanjamuryang tumbuhdi Planet Merah.
Meskipun penelititahu tempatbatuitu berasal,ada beberapa aspekanehlain darikisahPinnacleIsland.Menggunakan alatOpportunity, para ilmuwantelah menemukan bahwabatu itu mengandungsulfurdanmangandalamtingkat yang sangat tinggi.Keduaelemen-elemenini larut dalam airyang menunjukkan bahwamerekaterkonsentrasidi batukarena "tindakanair,"kata para pejabatNASA.
"Ini mungkinterjaditepat di bawah permukaanyang relatif baruatau mungkintelahterjadilebih dalamdi bawah tanah yang kemudian,secara kebetulan erosi melucuti material diatasnyadan membuatnyadapat diakses olehroda kami,"kataArvidson.
Batu ituterletak disebuah tempat di"MurrayRidge"di sepanjangdindingkawah Endeavourdi manaOpportunitymenghabiskanmusim dinginnya di Mars.Sekarangroverini melakukanpemeriksaanlebih lanjut batu PinnacleIsland.
Opportunitytelah menjelajahiMarssejak tahun 2004,mendaratdi Planet Merahbeberapa minggu setelahkembarannya,Spiritmendaratdi permukaan Mars.Keduaroversini ditugaskandalam misi90-hari,tetapiSpirithanyamengumpulkan datasampai tahun 2010danOpportunitymasihberaksi sampai sekarang.

0 Response to "Ahirnya Terpecahkan Misteri Batu Aneh DiPlanet Mars"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam