Kesatria Penjelajah Antariksa Milik India Telah Melakukan100 Hari Perjalanan Menuju Planet Mars


Pengendali misi di Indian Space Research Organization (ISRO) dengan bangga mengumumkan bahwa misi pertama mereka ke Planet Merah, yang dijuluki Mars Orbiter Mission (MOM) baru-baru ini menandai 100 hari di ruang angkasa dalam perjalanannya menuju Mars. Ambang batas itu dicapai pada 12 Februari 2014.
MOM adalah misi pertama yang pernah dikembangkan oleh ISRO untuk menjelajahi planet lain. Pengorbit itu diluncurkan ke luar angkasa pada tanggal 5 November 2013, dengan menumpang sebuah sistem pengiriman PSLV-XL . Misi tersebut berangkat dari LaunchPad Pertama di Satish Dhawan Space Centredi provinsi Andhra Pradesh.
Roket PSLV (Polar Satellite Launch Vehicle) berhasil memarkir MOM diorbit Bumi untuk beberapa minggu, sebelum wahana itu berangkat ke Planet Merah. Wahana yang memiliki berat 1.350kilogram (2.980pon) ini diperkirakan tiba di planet Mars tanggal 24 September2014.
Tujuan utama dari misi MOM adalah untuk mempelajari atmosfer Mars dan mencari tanda-tanda metana. Bahan kimia ini telah diidentifikasi oleh pengorbit Mars sebelumnya namun, para peneliti masih tidak yakin apa yang memproduksinya.
Menurut para ilmuwan, Planet Merah memiliki lebih banyak metana dari yang seharusnya, yang menunjukkan bahwa setidaknya ada beberapa sumber yang memproduksinya. Sumber-sumber ini dapat berupa alam atau biologis, dan itu sangat menarik bagi para ilmuwan.
MOM sejauh ini telah melakukan perjalanan sekitar 16juta kilometer (10juta mil), sehingga sinyal radio membutuhkan waktu sekitar 55 detik untuk mencapainya. Saat ini ada lima instrumen buatan India yang dibawa wahana ini, dengan berat sekitar 15kilogram (33pon).
Hebat banget ya india seandainya indonesia juga seperti itu.

0 Response to "Kesatria Penjelajah Antariksa Milik India Telah Melakukan100 Hari Perjalanan Menuju Planet Mars"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam