Hubble Berhasil Mengabadikan Gambar Gugus Bola Terzan 7


Ini adalah citra Gugus Bola Terzan 7 (bola padat bintang yang terikat bersama dengan gravitasi) . Objek ini dinamai dari nama penemunya Agop Terzan.
Objek ini berjarak sekitar 75 ribu tahun cahaya dari Bumi dan terletak di sisi lain (sisi sebelah) Bima sakti kita.Objek ini adalah gugus bintang yang aneh,tidak seperti gugus bintang lain yang sering diamati sehingga Terzan 7 sangat menarik perhatian astronom.
Bukti menunjukkan bahwa Terzan 7 dulunya milik sebuah galaksi kecil yang disebut Sagittarius Dwarf Galaxy, galaksi kerdil yang ditemukan tahun 1994. Galaksi ini bertabrakan dan diserap oleh Bima Sakti yang berukuran raksasa di banding galaksi ini.Tampaknya Gugus Bintang ini di culik dari rumahnya dan sekarang menjadi bagian Bima Sakti.
Para astronom baru-baru ini menemukan bahwa semua bintang diTerzan 7 lahir disekitar waktu yang sama, dan berusiasekitar delapan miliartahun.Iniluar biasamudauntuk clustertersebut.Berbagi ulang tahun yang sama jarang terjadi.Sejumlah besargugus bola,baikdi Bima Saktidangalaksi lain,tampaknya memilikisetidaknyadua generasi bintang yang secara jelas dibedakan olehbintangyang lahirpada waktu yang berbeda.
Beberapa penjelasanmenunjukkan bahwa adasesuatu yang berbedatentang clusteryang terbentukdalamgalaksi kerdil,memberi merekakomposisi yang berbeda.Penjelasan lainnyamenunjukkan bahwaclustersepertiTerzan7hanyamemiliki cukup materialuntuk membentuk 1 kelompok bintang atau mungkin keremajaan usia bintang ini yang mencegahnya untukmembentukbintang generasi lain.

0 Response to "Hubble Berhasil Mengabadikan Gambar Gugus Bola Terzan 7"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam