Satelit Penjelajah Cassini Spacecraft Memperoleh Pemandangan Terbaik Saturnus


pesawat ruang angkasa Cassini telah memperoleh film-resolusi tertinggi namun dari aliran jet enam-sisi yang unik, yang dikenal sebagai segi enam, sekitar Saturnus kutub utara. Ini adalah film pertama segi enam dari jenisnya, dengan menggunakan filter warna, dan yang pertama untuk menunjukkan tampilan lengkap atas Saturnus turun ke sekitar 70 derajat lintang. Yang mencakup sekitar 20.000 mil (30.000 kilometer) di seluruh, segi enam adalah aliran jet bergelombang angin 200 mil per jam (sekitar 322 kilometer per jam) dengan besar, berputar badai di pusat. Tidak ada fitur cuaca persis, konsisten seperti ini di tempat lain di tata surya. "Heksagon adalah hanya arus udara, dan fitur cuaca di luar sana yang berbagi kesamaan dengan ini terkenal bergolak dan tidak stabil," kata Andrew Ingersoll, anggota tim pencitraan Cassini di California Institute of Technology di Pasadena. "Sebuah badai di Bumi biasanya berlangsung seminggu, tapi ini telah di sini selama beberapa dekade - dan siapa tahu -. Mungkin berabad-abad"
Pola cuaca di Bumi terganggu ketika mereka menghadapi gesekan dari bentang alam atau es. Para ilmuwan menduga stabilitas segi enam memiliki sesuatu untuk dilakukan dengan kurangnya bentang alam padat di Saturnus, yang pada dasarnya adalah sebuah bola raksasa gas. Lebih baik dilihat dari segi enam yang tersedia sekarang karena matahari mulai menerangi interior pada akhir 2012. Cassini menangkap gambar dari segi enam selama rentang waktu 10 jam dengan kamera resolusi tinggi, memberikan para ilmuwan baik melihat gerakan struktur awan dalam. Mereka melihat badai di sekitar tiang, serta vortisitas kecil berputar ke arah yang berlawanan dari segi enam. Beberapa vortisitas menyapu bersama dengan aliran jet seolah-olah di arena pacuan kuda. Yang terbesar dari vortisitas ini mencakup sekitar 2.200 mil (3.500 kilometer), atau sekitar dua kali ukuran dari badai terbesar yang tercatat di Bumi.
Para ilmuwan menganalisis gambar-gambar dalam warna palsu, metode render yang membuatnya lebih mudah untuk membedakan perbedaan antara jenis partikel tersuspensi di atmosfer - partikel yang relatif kecil yang membentuk kabut - dalam dan di luar segi enam. "Di dalam segi enam, ada partikel kabut besar lebih sedikit dan konsentrasi partikel kabut kecil, sementara di luar segi enam, sebaliknya adalah benar," kata Kunio Sayanagi, tim pencitraan Cassini asosiasi di Hampton University di Virginia. "Aliran jet heksagonal bertindak seperti penghalang, yang menghasilkan sesuatu seperti lubang ozon Antartika Bumi." Bentuk lubang ozon Antartika dalam suatu wilayah tertutup oleh aliran jet dengan kesamaan segi enam. Kondisi musim dingin memungkinkan proses kimia perusak ozon terjadi, dan aliran jet mencegah memasok ozon dari luar. Di Saturnus, aerosol besar tidak bisa menyeberang ke aliran jet heksagonal dari luar, dan partikel aerosol besar dibuat ketika matahari bersinar di atmosfer. Hanya baru-baru ini, dengan dimulainya musim semi utara Saturnus pada bulan Agustus 2009, apakah sinar matahari mulai memandikan belahan utara planet.

0 Response to "Satelit Penjelajah Cassini Spacecraft Memperoleh Pemandangan Terbaik Saturnus"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam