Roda kehidupan galaksi memancarkan sinar inframerah



Ini mungkin terlihat seperti roda spoked atau bahkan "Chakram" senjata dikerahkan oleh prajurit seperti "Xena" dari acara TV fiksi, tapi galaksi cincin ini sebenarnya adalah sebuah tempat yang luas bagi kehidupan bintang.

Sebuah gambar baru dirilis dari Spitzer Space Telescope NASA menunjukkan galaksi NGC 1291 sedang membentuk bintang baru. Meskipun galaksi ini sudah cukup tua, kira-kira 12 miliar tahun, hal ini ditandai dengan sebuah cincin yang tidak biasa di mana bintang baru lahir memicu.


"Sisa galaksi telah jatuh tempo," kata Kartik Sheth dari National Radio Astronomy Observatory of Charlottesville, Virginia.

"Tapi cincin luar sekarang mulai menyala dengan panas dari bintang-bintang.

"
NGC 1291 terletak sekitar 33 juta tahun cahaya di konstelasi Eridanus.Ini adalah apa yang dikenal sebagai galaksi dilarang karena daerah yang berada di pusat didominasi oleh panjang bar bintang.(Dalam gambar baru, bar dalam lingkaran biru dan terlihat seperti huruf S.)

Bar terbentuk di awal sejarah galaksi.Ini bergolak materi sekitar, memaksa bintang dan gas dari orbit melingkar asli mereka menjadi bukan lingkaran, orbit radial besar.Hal ini menciptakan resonansi - daerah di mana gas dikompresi dan dipicu untuk membentuk bintang baru.Galaksi Bima Sakti kita memiliki bar, meskipun tidak menonjol seperti di NGC 1291.
Sheth dan rekan-rekannya sibuk berusaha untuk lebih memahami bagaimana bar bintang seperti ini membentuk nasib galaksi.Dalam sebuah program yang disebut Spitzer Survei Struktur Stellar di Galaksi, Sheth dan timnya menganalisis struktur lebih dari 3.000 galaksi di lingkungan lokal kami.Galaksi terjauh dari kelompok itu terletak sekitar 120 juta tahun cahaya - praktis sepelemparan batu dibandingkan dengan luasnya ruang.
Para astronom mendokumentasikan fitur struktural, termasuk bar.Mereka ingin tahu berapa banyak galaksi lokal memiliki bar, serta kondisi lingkungan di galaksi yang mungkin mempengaruhi pembentukan dan struktur bar.

"Sekarang, dengan Spitzer, kita dapat mengukur bentuk yang tepat dan distribusi materi dalam struktur bar," kata Sheth."Bar adalah produk alami evolusi kosmik, dan mereka adalah bagian dari endoskeleton galaksi '. Pemeriksa endoskeleton ini untuk petunjuk fosil ke masa lalu mereka memberi kita pandangan yang unik dari evolusi mereka."
Pada gambar Spitzer, pendek-panjang gelombang cahaya inframerah telah ditetapkan warna biru, dan cahaya panjang gelombang, merah.Bintang-bintang yang muncul biru di wilayah pusat tonjolan galaksi yang lebih tua;sebagian besar gas, atau bahan bakar bintang pembuatan, ada sebelumnya digunakan oleh generasi bintang yang lebih awal.Ketika galaksi muda dan kaya gas-, bintang bar berkendara gas menuju pusat, memberi makan formasi bintang.
Seiring waktu, sebagai bahan bakar habis, daerah tengah menjadi diam dan aktivitas pembentukan bintang bergeser ke pinggiran galaksi.Di sana, gelombang kepadatan spiral dan resonansi yang disebabkan oleh pusat bar bantuan mengkonversi gas ke bintang.Luar cincin, terlihat di sini dalam warna merah, adalah salah satu daerah resonansi seperti di mana gas telah terjebak dan dinyalakan dalam pembentuk bintang kegilaan.

0 Response to "Roda kehidupan galaksi memancarkan sinar inframerah"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam