Planet Yang mengorbit Bintang Kerdil Juga Mempunyai Medan Magnet

magnet bumi

Planet mirip Bumi yang mengorbit dekat dengan bintang kecil mungkin memiliki medan magnet yang melindungi mereka dari radiasi bintang dan membantu menjaga kondisi permukaan yang bisa kondusif untuk kehidupan, menurut penelitian dari astronom di University of Washington.

Medan magnet sebuah planet berasal dari inti dan dianggap membelokkan partikel bermuatan dari angin bintang, dan melindungi atmosfer menguap ke ruang angkasa. Medan magnet, lahir dari pendinginan interior sebuah planet, dan bisa melindungi kehidupan di permukaan dari radiasi bintang yang berbahaya, seperti medan magnet bumi melindungi kita.

Bintang bermassa rendah adalah yang paling umum di alam semesta. Tetapi karena bintang bermassa rendah redup, zona layak huninya juga terletak relatif dekat.
Dan planet yang begitu dekat dengan bintangnya akan menerima tarikan gravitasi kuat bintang, yang bisa menyebabkan planet menjadi terkunci pasang surut gravitasi, yang menyebabkan sisi yang sama selamanya menghadap bintang induknya, seperti bulan yang selalu menghadapkan sisi yang sama ke Bumi.

medan magnet planet extrasolar

Ilmuan mengatakan bahwa secara umum planet yang terkunci pasang surut tidak mungkin memiliki medan magnet pelindung.

Namun ini tidak sepenuhnya benar, karena pasang surut akan memanaskan mantel planet, dan mantel akan semakin baik menghamburkan panas, dengan demikian terjadi pendinginan inti, yang pada gilirannya membantu menciptakan medan magnet.

Jadi, data terkini menunjukan bahwa planet kebumian yang mengorbit bintang kerdil juga memiliki medan magnet yang melinduni planet dari radiasi bintang yang berbahaya.

0 Response to "Planet Yang mengorbit Bintang Kerdil Juga Mempunyai Medan Magnet"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam