Bagaimana cara terbentuknya Lubang Hitam Supermasif

penggabungan lubang hitam

Lubang hitam supermasif (Lubang hitam Raksasa) dapat terbentuk dengan berbagai macam mekanisme, diantaranya;

1. Runtuhnya Awan Gas Raksasa

Salah satu teori menjelaskan bahwa lubang hitam raksasa dapat terbentuk apabila awan gas yang sangat besar runtuh karna gravitasinya sendiri, maka lubang hitam bisa tercipta.

2. Ledakan Supernova Bintang Raksasa

Saat sebuah bintang raksasa sampai pada akhir hidupnya, bintang yang kehabisan hidrogen akan mulai runtuh karena gravitasinya sendiri, setelah itu bintang akan meledak menjadi supernova : ledakan terbesar dialam semesta. Yang tersisa kini hanyalah inti bintang yang sangat masif yang terus runtuh karena gravitasinya, inti yang runtuh ini memiliki gravitasi yang luar biasa besar, inti inilah yang disebut lubang hitam.

3. Penggabungan Lubang hitam

Kemungkinan terbentuknya lubang hitam raksasa juga dipercaya akibat penggabungan lubang hitam kecil. Sebuah peristiwa diyakini bisa muncul yang membawa lubang hitam besar bersama yang saling tabrakan dan bergabung ke keseluruhan galaksi.
Pada peristiwa tersebut, lubang hitam akan bermigrasi ke arah pusat baru, yakni galaksi yang lebih besar. Pada akhirnya, lubang hitam akan meningkat satu sama lain dan bertabrakan, sehingga menciptakan lubang hitam yang lebih besar.

0 Response to "Bagaimana cara terbentuknya Lubang Hitam Supermasif"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam