Waw, Teryata Langit Di Pluto Berwarna Biru

langit pluto
Pandangan atmosfer Pluto

Gambar warna pertama dari Pluto Hazes atmosfer, dikembalikan oleh pesawat NASA New Horizons pekan lalu, mengungkapkan bahwa langit Pluto berwarna biru.

Kabut partikel sendiri cenderung abu-abu atau merah, tapi cara mereka menghamburkan cahaya biru telah mendapat perhatian dari tim sains New Horizons. "Warna biru memberitahu kita tentang ukuran dan komposisi partikel kabut," kata peneliti tim sains Carly Howett, juga dari SwRI. "Sebuah langit biru sering hasil dari hamburan cahaya matahari oleh partikel yang sangat kecil. Di Bumi, partikel-partikel tersebut adalah molekul nitrogen sangat kecil. Pada Pluto Partikel Tholin tampak lebih besar - tapi masih relatif kecil".

Para ilmuwan percaya partikel tholin terbentuk di ketinggian atmosfer, di mana sinar matahari ultraviolet membelah molekul nitrogen dan metana dan memungkinkan mereka untuk bereaksi dengan satu sama lain untuk membentuk ion yang lebih kompleks dan bermuatan positif. Ketika mereka bergabung kembali, mereka membentuk makromolekul yang sangat kompleks, proses pertama ditemukan terjadi di bagian atas atmosfer dari bulan Saturnus, Titan. Molekul-molekul yang lebih kompleks terus menggabungkan dan tumbuh sampai mereka menjadi partikel kecil; gas yang mudah menguap mengembun dan melapisi permukaan Pluto dengan es beku sebelum mereka punya waktu untuk jatuh melalui atmosfer ke permukaan, di mana mereka menambah warna merah Pluto.

0 Response to "Waw, Teryata Langit Di Pluto Berwarna Biru"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam