Jadwal fenomena astronomi juli - september 2015

jadwal fenomena astronomi juli - september



Juli 2015



1 Juli 2015 - Konjungsi Venus dan Jupiter.


Lagi-lagi pada waktu senja di langit barat akan terlihat dua bintang terang saling berdekatan. Kedua bintang itu adalah "jelmaan" dari Venus sebagai bintang putih sangat terang bermagnitudo -4,4 dan Jupiter sebagai bintang putih terang bermagnitudo -1,8. Keduanya akan terlihat sangat dekat dengan jarak sekitar 20,1 menit busur atau hanya sekitar 2/3 diamater bulan.



2 Juli -Full Moon.

Bulan akan langsung berlawanan Bumi dari Matahari dan akan sepenuhnya diterangi seperti yang terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 02:20 UTC.



7 Juli - Komet Pan-STARRS (C/2014 Q1) Kemungkinan Terlihat.

Komet Pan-STARRS (C/2014 Q1) baru di temukan pada pertengahan tahun 2014. Diperhitungkan komet ini akan mencapai titik terdekat dari Matahari sejauh 0,315 AU pada hari ini. Dengan jaraknya yang cukup dekat, komet ini diperkirakan akan mencapai terang maksimum hingga magnitudo 3,1. Itu artinya, meski tidak sangat terang, komet ini masih bisa terlihat secara langsung.Komet ini bisa diamati di langit barat sesaat setelah matahari terbenam.



14 Juli -New HorizonsdiPluto.

NASA New Horizons pesawat ruang angkasa di jadwalkan tiba di Pluto setelah sembilan setengah tahun perjalanan. Diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2006,ini akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Pluto. New Horizons akan memberi kita pandangan close-up pertama kami dari planet kerdil dan bulan-bulannya. Setelah melewati Pluto, pesawat ruang angkasa akan melanjutkan ke sabuk Kuiper untuk memeriksa beberapa mayates lainnya di tepi tata surya.



16 Juli -New Moon.

Bulan akan langsung antara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 01:24 UTC.



29 Juli - Puncak Hujan Meteor Delta Aquarids.

Hujan meteor Delta Aquarids berlangsung antara tanggal 8 Juli s/d 19 Agustus 2015. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam. Hal ini dihasilkan oleh puing-puing yang ditinggalkan oleh komet Marsden dan Kracht. Hujan meteor ini berjalan setiap tahun dari 12 Juli hingga Agustus 23. puncak tahun ini pada malam 28 Juli dan pagi Juli 29.Meteor-meteor Delta Aquarids akan terlihat melesat dari arah rasi Aquarius yang berada tepat di atas pada waktu dini hari. Sayangnya Bulan yang menjelang purnama akan cukup terang dan menggangu terlihatnya meteor-meteor redup kala pengamatan.



31 Juli -Full Moon.

Bulan akan langsung berlawanan Bumi dari Matahari dan akan sepenuhnya diterangi seperti yang terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 10:43 UTC.



Agustus 2015



13 Agustus - Puncak Hujan Meteor Perseids.


Inilah hujan meteor terbaik tahun 2015. Puncaknya yang berada di tengah musim kemarau dan Bulan menjelang fase baru akan membuat langit malam cerah dan gelap gulita sehingga meteor-meteor redup sekalipun terlihat jelas. Diperkirakan Perseids yang tercatat sebagai hujan meteor paling banyak menghasilkan fireball ini akan menghasilkan hingga 100 meteor tiap jam saat puncak. Hal ini dihasilkan oleh komet Swift-Tuttle, yang ditemukan pada tahun 1862. Meteor-meteor Perseids akan terlihat melesat dari arah rasi Perseus yang berada di timur laut setelah tengah malam hingga menjelang matahari terbit. Hujan meteor Perseids berlangsung antara tanggal 17 Juli s/d 24 Agustus 2015.



14 Agustus -New Moon.

Bulan akan langsung antara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada14:53 UTC

29 Agustus -Full Moon.Bulan akan langsung berlawanan Bumi dari Matahari dan akan sepenuhnya diterangi seperti yang terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 18:35 UTC.



30 Agustus - Bulan Purnama Perigee.

Kebalikan dari bulan purnama apogee, bulan purnama perigee terjadi ketika Bulan mencapai fase purnama di dekat titik terdekat dari Bumi atau perigee. Dengan jaraknya yang lebih dekat, maka bulan purnama perigee akan terlihat lebih besar dan terang. Bulan purnama perigee kali ini berdiamater sudut 33,27 menit busur atau menjadi yang terbesar dan terterang ke-2 selama tahun 2015.



September 2015



1 September –OposisiNeptunus.


Planet raksasa biru akan berada dipaling dekat ke Bumi dan wajahnya akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari Ini adalah waktu terbaik untuk melihat dan memotret Neptunus. Karena jarak ekstrim dari Bumi, hanya akan muncul sebagai titik biru kecil disemua tetapi teleskop yang paling kuat.



13 September -New Moon.

Bulan akan langsung gantara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 06:41 UTC.



Baca juga:

1.

2.

3.

0 Response to "Jadwal fenomena astronomi juli - september 2015"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam