Jadwal Fenomena Astronomi April - Juni 2015

jadwal fenomena astronomi bulan april sampai juni 2015

April 2015

4 April -Full Moon.

Bulan akan langsung berlawanan Bumi dari Matahari dan akan sepenuhnya diterangi seperti yang terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 12:05 UTC.

4 April - Gerhana Bulan Total.
Pada hari ini seluruh Indonesia kembali akan menyaksikan gerhana bulan total saat senja. Ini adalah gerhana bulan pertama dari dua gerhana bulan tahun ini. Sayangnya pada gerhana bulan berikutnya yang terjadi pada 28 September 2015 tidak ada satupun wilayah Indonesia yang dapat menyaksikan. Praktis ini adalah satu-satunya kesempatan menyaksikan gerhan bulan di Indonesia selama tahun 2015. Gerhana bulan hari ini akan berlangsung antara pukul 17:15 s/d 20:45 WIB untuk fase gerhana sebagian. Sedangkan untuk fase gerhana total akan berlangsung antara 18:54 s/d 19:06 WIB.

4 April - Bulan Purnama Apogee.
Bersamaan dengan gerhana bulan total, Bulan pun akan mencapai fase purnama di dekat titik terjauh dari Bumi atau apogee. Kali ini Bulan akan berdiamater 29,65 menit busur atau menjadi yang terkecil dan teredup ke-3 selama tahun 2015. Pemandangan bulan purnama yang berukuran kecil dan redup ditambah sedang dalam gerhana bulan total tidak boleh dilewatkan.

18 April - New Moon.
Bulan akan langsung antara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihatdari Bumi. Fase ini terjadi pada 18:57 UTC.

23 April - Puncak Hujan Meteor Lyrids.
Lyrids adalah hujan meteor pertama di musim kemarau pada tahun 2015 yang berlangsung antara tanggal 16 s/d 25 April 2015. Hujan meteor ini disebabkan oleh partikel debu yang ditinggalkan oleh komet C / 1861 G1 Thatcher, yang ditemukan pada tahun 1861. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam. Meteor-meteor Lyrids akan terlihat melesat dari arah rasi Lyra yang berada di meridian utara waktu menjelang fajar. Beruntung Bulan sedang dalam fase sabit awal sehingga akan terbenam sebelum tengah malam sehingga tidak akan ada menghalagi pengamatan.

Mei 2015

4 Mei -Full Moon.

Bulan akan langsung berlawanan Bumi dari Matahari dan akan sepenuhnya diterangi seperti yang terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 03:42 UTC.

8 Mei 2015 - Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids.
Hujan meteor Eta Aquarids berlangsung antara tanggal 19 April s/d 28 Mei 2015. Hal ini dihasilkan oleh partikel debu yang ditinggalkan oleh komet Halley, yang telah dikenal dan diamati sejak zaman kuno. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 30 meteor tiap jam. Meteor-meteor Eta Aquarids akan terlihat melesat dari arah rasi Aquarius yang berada di arah timur setelah tengah malam hingga matahari terbit. Namun Bulan yang baru mencapai fase purnama 4 hari lalu kemungkinan masih cukup terang sehingga menghalangi terlihatnya meteor-meteor redup.

18 Mei -New Moon.
Bulan akan langsung antara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada 04:13 UTC.

23 Mei - Oposisi Saturnus.
Setelah Jupiter, kini giliran Saturnus yang berjajar lurus dengan Bumi dan Matahari. Hari ini Saturnus akan terlihat sepanjang malam di sisi yang berseberangan dengan matahari. Saturnus akan terlihat sebagai bintang putih terang dengan magnitudo 0. Dengan teleskop, Saturnus akan terlihat purnama dihiasi oleh cincinnya. Ini adalah waktu terbaik mengamati Saturnus.

28 Mei - Istiwa' Adhom.
Hari ini pukul 16:18 WIB Matahari berada tepat di atas Ka'bah, kiblat umat muslim. Jadi dengan menghadap ke arah Matahari akan sama artinya dengan menghadap tepat ke arah kiblat. Dan juga seluruh pangkal bayangan benda yang berdiri tegak pun akan mengarah ke arah kiblat. Dengan begitu peristiwa ini dapat digunakan untuk mengoreksi atau meluruskan arah kiblat bagi seluruh umat muslim secara praktis dan akurat. Peritiwa ini akan kembali terulang pada tanggal 16 Juli 2015.

Juni 2015

2 Juni -Full Moon.

Bulan akan langsung berlawanan Bumi dari Matahari dan akan sepenuhnya diterangi seperti yang terlihatdari Bumi. Fase ini terjadi pada 16:19 UTC.

7 Juni - Elongasi Maksimum Venus.
Venus mencapai ketinggian maksimum di langit barat saat senja. Ketinggiannya mencapai 45,4 derajat dari Matahari. Venus terlihat sebagai bintang putih sangat terang dengan magnitudo -4,3. Dengan ketinggian maksimum dan cahaya sangat terang, Venus tentu sangat menawan untuk diamati. Setelah hari ini, ketinggian Venus akan berlangsung-angsung berkurang hingga akhirnya berada di sisi Matahari sehingga tak terlihat pada pertengahan Agustus 2015. Setelah itu Venus akan terlihat kembali di langit timur saat fajar.

16 Juni -New Moon.
Bulan akan berbentuk sabit kecil jika di lihat dari bumi.

Baca juga :
1. Jadwal fenomena astronomi januari - maret 2015
2.
3.

0 Response to "Jadwal Fenomena Astronomi April - Juni 2015"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam