Unik : Asteroid ini mengembangkan ekor seperti komet





Asteroid 62412, atau dikenal sebagai 2000 SY178, ditemukan oleh LINEAR (Lincoln Near-Earth Asteroid Research) fasilitas di Socorro, New Mexico, pada tanggal 28 September 2000. Dengan orbit sedikit eksentrik yang membawa ke dalam 2,9 Satuan Astronomi dari Matahari setiap 5,6 tahun, 2000 SY178 tampak seperti main-sabuk asteroid khas dari keluarga Hygeia selama lebih dari satu dekade.

Namun, menurut temuan yang disajikan oleh Scott Sheppard dan Chadwick Trujillo dari Carnegie Gemini Observatory ke Divisi American Astronomical Society untuk Planetary Sciences pertemuan di Tucson, Arizona pada 11 November, 62.412 (2000 SY178) adalah asteroid aktif, pertama objek komet-seperti terlihat pada keluarga Hygeia.Ini menandai 13 dikenal aktif utama-sabuk asteroid dari perkiraan total 100 diyakini ada, berdasarkan Sheppard dan Trujillo penemuan.








Asteroid aktif memiliki orbit yang stabil antara Mars dan Jupiter seperti ribuan Asteroid lain. Namun, mereka kadang-kadang mengambil bentuk komet ketika gas atau debu dikeluarkan dari permukaan mereka menciptakan ekor berumur pendek. Alasan untuk ini kehilangan material dan pembentukan ekor di asteroid aktif tidak diketahui, tetapi teori mencakup dampak baru atau sublimasi dari es terpapar dari padat menjadi gas.

"Sampai sekitar sepuluh tahun yang lalu, hal itu cukup jelas mana yang komet dan mana yang bukan, tapi itu semua berubah saat kita menyadari bahwa tidak semua benda-benda ini menunjukkan aktivitas sepanjang waktu," kata Sheppard.

Asteroid yang lama dianggap benda sebagian besar tidak berubah, tapi perbaikan teknik pencitraan telah memungkinkan para ilmuwan untuk menemukan bahwa beberapa memiliki ekor dan koma, temuan yang terakhir menunjukan atmosfer tipis yang mengelilingi inti komet.

"Kami benar-benar melihat lagi melalui survei kami yang mendalam pada populasi objek yang lain, hal itu tidak mudah untuk diamati, karena kita akan jauh lebih dalam," tambah Sheppard.

Sheppard dan Trujillo melaporkan bahwa Asteroid 62.412 memiliki masa rotasi sangat cepat dari 3,33 jam, yang dekat masa kritis untuk break-up. Tingkat spin cepat dapat berubah bentuk asteroid dan pergeseran materi sekitar permukaannya. Ekor dapat dibuat langsung dari bahan dikeluarkan dari inti berputar cepat, atau dari es yang baru menyublim menjadi uap air.

Tim juga menemukan kepadatan Asteroid 62.412 khas asteroid primitif yang tidak konsisten dengan komet jauh lebih bermasa rendah. Pemantauan lebih lanjut objek yang tidak biasa ini akan membantu mengkonfirmasi sumber dari kegiatan ini.

0 Response to "Unik : Asteroid ini mengembangkan ekor seperti komet"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam