Lokasi pendaratan baru wahana Rosetta



Situs di mana pendarat Rosetta dijadwalkan mendarat di Comet 67P / Churyumov-Gerasimenko pada 12 November 2014 memiliki nama: Agilkia.

Lokasi pendaratan, sebelumnya dikenal sebagai "J Site," adalah nama untuk Agilkia Pulau di Sungai Nil di selatan Mesir. Sebuah kompleks bangunan Mesir Kuno, termasuk Kuil terkenal Isis, dipindahkan ke Agilkia dari pulau Philae ketika yang terakhir adalah banjir selama pembangunan bendungan aswan pada abad terakhir.

Nama itu dipilih oleh juri yang terdiri dari anggota Komite Pengarah Philae Lander sebagai bagian dari kompetisi publik yang dijalankan 16-22 Oktober oleh European Space Agency (ESA) dan badan-badan ruang Jerman, Perancis, dan Italia.

Agilkia adalah salah satu entri yang paling populer, itu diusulkan oleh lebih dari 150 peserta.Panitia memilih Alexandre Brouste dari Perancis sebagai juara umum. Sebagai hadiah, Mr. Brouste akan diundang untuk ESA Ruang Pusat Pengendalian Operasi di Darmstadt, Jerman, untuk mengikuti arahan hidup.

Meskipun mungkin tidak serumit menavigasi Rosetta dan Philae menuju komet, tugas memilih nama itu tidak berarti sederhana.Lebih dari 8.000 peserta dari 135 negara yang diterima dalam satu minggu, menunjukkan kreativitas yang besar dan keragaman budaya.
"Keputusan itu sangat sulit," kata Felix Huber dari DLR German Aerospace Center. "Kami menerima begitu banyak saran yang baik tentang bagaimana nama J Site, dan kami sangat senang dengan seperti tanggapan antusias dari seluruh dunia.Kami ingin berterima kasih kepada semua peserta untuk berbagi ide-ide besar mereka dengan kami. "

Peserta diusulkan nama dalam berbagai bahasa, baik kuno dan modern; beberapa bahkan dalam bahasa Esperanto. Ada juga beberapa akronim yang menarik, urutan penasaran digit, dan kata-kata onomatope.

Entri menutupi berbagai tema besar, dari konsep-konsep abstrak dengan nama-nama tempat di Bumi. Seperti entri menang, banyak saran menggemakan asal Mesir Rosetta dan Philae, bernama sebagai pengakuan atas tonggak dalam decoding hieroglif, sistem tulisan suci Mesir kuno.

Banyak nama tanggal kembali ke sejarah eksplorasi planet kita, sebagai orang-orang perjalanan ke yang tidak diketahui adalah nenek moyang alami Rosetta dan Philae. Nama-nama mitologi dari seluruh dunia juga diusulkan, termasuk dewa dan dewi air, kesuburan, kehidupan, dan penciptaan, yang berkaitan erat dengan tema dasar diselidiki oleh misi.
Nama lain diambil dari sejarah kuno dan prasejarah, sementara yang lain mengingat tonggak dalam sejarah ilmu pengetahuan, khususnya sejarah pemahaman kita tentang komet.

Kemajuan Zaman Space juga dihormati oleh banyak entri.Ada banyak referensi untuk fiksi ilmiah, merayakan karya Jules Verne, Arthur C. Clarke, dan Douglas Adams, antara lain.
Karakter fiksi dari film, acara televisi, sastra, dan karya musik juga diusulkan.Beberapa bahkan disebut astronot virtual Kerbal Ruang Program, permainan populer eksplorasi ruang angkasa online.

Beberapa entri mengakui misi Rosetta sebagai upaya dicapai melalui kerjasama dari banyak negara-negara Eropa, sementara yang lain disebut prestasi teknis dan ilmiah yang inovatif.

Dan, tentu saja, tidak ada kekurangan entri lebih lucu, banyak mengacu pada kemiripan inti komet ke bebek karet, kentang, atau bahkan anjing kartun Snoopy.
Tapi pilihan terakhir adalah Agilkia, yang adalah bagaimana lokasi pendaratan di komet akan disebut oleh ESA dan mitra misinya.

"Dan itu tidak bisa menjadi nama yang lebih tepat," kata Fred Jansen dari ESA."Relokasi kuil pulau Philae ke pulau Agilkia adalah upaya teknis ambisius yang dilakukan pada tahun 1960 dan 1970-an untuk melestarikan catatan arkeologi sejarah kuno kita.
"Dalam waktu delapan hari ', Philae akan diturunkan dari pengorbit ke Agilkia.Pada tanggal 12 November, kami akan mencoba pendaratan komet yang unik, bahkan lebih ambisius usaha untuk membuka rahasia asal usul kita yang paling terpencil. "

Rosetta akan merilis Philae pada 08:35 GMT / 09: 35 CET pada 12 November pada jarak 14 mil (22,5 kilometer) dari pusat komet, dengan arahan dijadwalkan sekitar tujuh jam kemudian di Agilkia.
Dengan mempertimbangkan waktu tempuh sinyal dari Rosetta pada 12 November, konfirmasi pendaratan diharapkan di Bumi pada sekitar pukul 16.00 GMT / 17: 00 CET.

0 Response to "Lokasi pendaratan baru wahana Rosetta"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam