Jets, gelembung, dan semburan cahaya di Taurus



NASA / ESA. Teleskop ruang angkasa Hubble telah bentak pemandangan mencolok dari sistem multi bintang yang disebut XZ Tauri, tetangganya HL Tauri, dan beberapa di dekatnya bintang-bintang muda. XZ Tauri bertiup gelembung panas gas ke ruang sekitarnya, yang dipenuhi dengan gumpalan cerah dan indah yang memancarkan angin kencang dan jet. Benda-benda ini menerangi wilayah tersebut, menciptakan suasana yang benar-benar dramatis.

Lanskap gelap dan tak menyenangkan ini terletak sekitar 450 tahun cahaya di konstelasi Taurus The Bull. Itu terletak di bagian timur laut dari, awan gelap besar yang dikenal sebagai LDN 1551.

Hanya di sebelah kiri pusat di gambar ini, tertanam dalam awan berwarna karat, terletak XZ Tauri.Meskipun tampaknya menjadi bintang tunggal, titik terang ini sebenarnya terdiri dari beberapa bintang. Telah lama dikenal sebagai biner, tapi salah satu dari dua bintang dianggap juga menjadi biner, membuat total tiga bintang dalam satu sistem.

Ini bukan pertama kalinya bahwa Hubble telah mengamati XZ Tauri. Antara tahun 1995 dan 2000, gelembung panas gas terlihat mengembang keluar dari sistem. Gelembung ini dapat dilihat sebagai lobus jeruk kecil dekat dengan kiri atas XZ Tauri. Gas ini mempercepat keluar dari sistem bintang, meninggalkan jejak yang mencakup puluhan miliar kilometer. Sebagai gelembung perjalanan, hits yang bergerak lebih lambat material, memicu pulsa cahaya dan beriak gelombang kejut.

Di atas dan di sebelah kanan XZ Tauri, kondisi yang sama juga sedang berlangsung. Gumpalan merah tua tampaknya akan melesat jauh dari rumpun biru-biruan di sebelah kanan. Patch biru cerah ini berisi bintang yang dikenal sebagai HL Tauri, yang berhubungan dengan objek Herbig-Haro objek HH 150. Herbig-Haro garis-garis gas panas meledak ke ruang angkasa oleh bayi baru lahir dan baru membentuk bintang, dan LDN 1551 sangat kaya ini benda yang dramatis.

Di bagian kanan bawah gambar Hubble ini merupakan salah satu objek Herbig-Haro dikenal sebagai HH 30 yang terkait dengan bintang variabel V1213 Tauri. Bintang itu sendiri tersembunyi di dalam flat, disk yang cerah debu yang terbelah dua oleh jalur gelap.Ini cahaya langsung blok debu dari V1213 Tauri, tapi bintang yang terlihat melalui cahaya yang dipantulkan dan jet rumit menonjol itu peledakan keluar ke angkasa.

Hubble sebelumnya melihat HH 30, bersama XZ Tauri, dengan Wide Field Planetary Camera 2 yang antara tahun 1995 dan 2000. Pengamatan digunakan untuk gambar dan mempelajari perubahan kecerahan disk dan kekuatan jet selama periode lima tahun. Medan magnet yang kuat V1213 Tauri ini membentuk jet dengan menyalurkan dan penggembalaan gas dari disk, mempercepat sepanjang kutub magnet bintang untuk membentuk dua balok sempit.

Sebuah versi dari gambar ini telah dimasukkan ke dalam Hubble Hidden Treasures pengolahan gambar persaingan dengan kontestan Judy Schmidt dan memenangkan hadiah ketiga.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Southern Observatory hari ini, pengamatan dari Atacama Large Millimeter / submillimeter Array mengungkapkan detil yang luar biasa baik dan tidak pernah dilihat sebelumnya Eropa di disk pembentuk planet di sekitar HL Tauri. Pengamatan baru merupakan langkah maju besar dalam pengamatan bagaimana protoplanet disk mengembangkan dan bagaimana planet terbentuk.

video ini lebih dari NASA / ESA Hubble Space Telescope pengamatan sistem bintang ganda XZ Tauri.

XZ Tauri bertiup gelembung panas gas ke ruang sekitarnya, yang dipenuhi dengan gumpalan cerah dan indah yang memancarkan angin kencang dan jet. Benda-benda ini menerangi wilayah tersebut, menciptakan adegan yang benar-benar dramatis.

Gambar kredit: ESA / Hubble dan NASA

0 Response to "Jets, gelembung, dan semburan cahaya di Taurus"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak spam